Adat/Budaya Timur dan Barat

Mau bahas yang lagi hangat-hangatnya ah..tentang video sex yang baru-baru ini … It’s become international issue on twitter…

Wew, awalnya kaget banget, dan sempet berpikir koq bisa-bisanya ya artis yang notabene harus berperilaku secara lebih intelektual koq bisa bisanya dan mau maunya merekam adegan syur..ahaha bahasanya..klo soal sex itu sendiri saya gag mau menjudge itu urusan orang masing-masing. dan yang membuat saya terkejut adalah reaksi manusia-manusia di negara saya sendiri. Saya bingung. karena manusia-manusia itu bereaksi yang selalu ga sesuai dengan keadaan.

Menurut saya, sex atau free sex, atau sex before marriage or apapun itu berbau sex adalah salah satu bentuk implementasi yang terlalu baik dari kebiasaan suatu negara. Negara ini identitasnya hampir hilang.  Koq ya lucu gitu, kita sudah hampir kehilangan identitas akibat perilaku sendiri dan sekarang kita teriak-teriak atas identitas itu. Kalau saya bertanya balik sebenernya apa sih identitas penduduk di negara ini? Identitas bagaimana si yang kita seru-serukan kebudayaan timur? saya ga pernah tau apa yang dimaksud dengan adat timur. Timur keq barat keq yang membedakan cuma di peta dunia tapi kalo manusia saya rasa ga ada yang beda hanya kebiasaan . Menurut kalian apa?

Saya mencoba bertanya pada beberapa teman apa yang dimaksud dengan adat timur, jawaban mereka selalu bingung. Jika yang dimaksud dengan budaya timur adalah ramah-tamah, saling membantu, sopan santun, dan tertutup saya meragukan itu masih mendarah daging. Semakin kota itu canggih seperti hal-halnya Jakarta hal-hal seperti yang saya sebutkan tadi perlu dipertanyakan. Saya tidak bermaksud menilai atau memukul rata orang Indonesia, hanya untuk renungan saja.

Di Jakarta sendiri kita hidup dengan kekhawatiran akan kriminalitas, preman”, tukang palak lalu inikah yang kita sebut RAMAH TAMAH. Bisa dibayangkan berapa banyak orang yang akan membantu kalo orang kesusahan, syukur2 kita ga menghujat, sering kali kita hanya menonton begitu melihat ada ibu2 yang bawa belanjaan banyak, inikah yang di sebut saling membantu. Sopan santun, dimana saya bisa temukan anak yang sopan terhadap pembantunya atau orang dewasa yang tidak akan minta maaf terhadap orang yang lebih muda. Yang tertarik buat saya adalah TERTUTUP atau agamis, apanya yang budaya timur tertutup, kalau kita mau menilik di mal-mal banyak yang pakai hotpants, itu kah budaya kita yang tertutup, hati kita kah yang tertutup terhadap implementasi agama dan terbuka lebar untuk hal2 diitu.

Makanya saya gag terlalu kaget begitu banyak orang yang menghujat tentang video artis beradegan intim. buat saya hanya orang-orang munafik yang tiba2 berteriak2 “apakah negara kita sudah sebejat itu moralnya?” Saya tidak membenarkan apa yang dilakukan artis tersebut tapi Kita terlalu menutup mata dan tidak mau disalahkan atas ketidaksiapan mental pribadi-pribadi terhadap pengaruh globalisasi. Kita tidak percaya diri dengan identitas bangsa sendiri. Kita tidak dibiasakan menggunakan identitas bangsa sendiri. Kita TIDAK PERNAH bersama-sama menyemangati diri sendiri maupun orang lain menggunakan identitas bangsa sendiri. Kita terlalu sibuk memakai identitas bangsa lain yang kesempitan atau kelonggaran ketika digunakan. Lalu apa identitas bangsa kita? Adat Timur kah atau Adat Barat kah? Identitas bangsa Indonesia adalah Adat Indonesia yang diresapi dan dilakukan oleh setiap pribadi-pribadi di dalamnya yang selalu siap dengan perubahan-perubahan yang sesuai dengan pribadi-pribadi tersebut .

.Cheers.

Leave a Reply

