Bahasa Indonesia

Hari ini saya baca beberapa artikel tentang bahasa Indonesia. Ternyata selama ini saya berpikiran sempit tentang bangsa saya sendiri. Tapi lebih baik seperti itu buat saya. Lebih baik saya mengakui kalau saya bukan orang dengan nasionalisme tinggi terhadap bangsa saya sendiri dari pada saya menunjukkan nasionalisme yang payah dan salah arah. Nope, tapi saya percaya nasionalisme saya ada di tindakan saya bukan di kata-kata saya apalagi di sikap anarkis.

Bahasa Indonesia. wew saya menganggap Bahasa ini sulit dan kaku dan ga romantis dan ga indah. Tapi percaya deh begitu di buat puisi sama bagusnya koq sama bahasa Inggris. Well, perlu saya akui saya ga cinta bahasa saya sendiri sampai akhirnya saya mengenyam masa satu tahun saya sebagai pendamping guru SD. Di situ saya merasa, saya adalah contoh, saya adalah model, saya adalah apa yang dilihat dan dirasa anak didik saya. Lalu saya belajar mengenal dan memahami bahasa ibu saya sendiri. dan hasilnya Luar Biasa. Sekarang walaupun bahasa ini sulit pernah kah kamu bersikeras klo kamu rela-rela bayar mahal dan meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa Inggris atau bahasa negara lain contohnya Korea, Jepang, China yang notabene mungkin
lebih sulit secara penulisan dan pelafalan. Kenapa kita mau berusaha lebih buat bahasa negara lain bukan bahasa sendiri? Kita ga perlu selalu pake bahasa formal koq bisa juga informal yang penting tahu situasi dan kondisi.

Cukup mengagetkan buat saya begitu saya baca klo bahasa Indonesia jadi bahasa ke dua di negara Vietnam di tahun 2007 dan saya baru baca sekarang tahun 2010. Info ini kemana aja ya. Ini beberapa yang saya kutip dari beberapa sumber:

——————————————————————————–
Menurut PBB bahasa internasional sesuai catatan PBB pada tahun 2008

1-ENGLISH
2-ARABIC
3-MANDARIN
4-INDONESIA
5-PRANCIS
6-PORTUGAL
7-SPAIN
8-PORTUGAL

Sedangkan menurut Matt Mullenweg pemilik wordpress.com, “bahasa Inggris merupakan bahasa terbesar pertama di situs wordpress dan bahasa Indonesia menduduki urutan ke tiga setelah bahasa Spanyol.

Sandiaz Yudhasmara
KORAN ANAM INDONESIA
sumber: http://korananakindonesia.wordpress.com
——————————————————————————————————

Bahasa Indonesia, tersulit ke-3 Asia, ke-15 dunia!
Tanpa kita sadari ternyata Bahasa Indonesia adalah Bahasa tersulit ke 3 di Asia. Seharusnya kita sangat bangga akan hal ini.
Lebih lagi, ternyata bahasa Indonesia dipelajari di 45 negara lho!!. Walaupun dari segi yang lain Indonesia masih belum bisa berkata banyak, ternyata bahasa kita sudah lebih diakui dunia.

Banyaknya kebudayaan di Indonesia kerap kali membuat negeri-negeri lain iri dan ingin menelitinya, bahkan ada yang mengaku/mengklaim budaya itu miliknya (ga nyebut merek). Sebenarnya Indonesia bisa dibilang negara paling sempurna dari segi alam dan kebudayaannya. Semua ada di Indonesia, mulai dari ragam bahasa, budaya, kuliner, sumber daya alam, wisata, iklim, letak strategis, dll.

Berikut ada beberapa fakta bahwa kita harus bangga menggunakan bahasa Indonesia:

-Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia,

“Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya,” katanya. Mengambil contoh Australia, Andri Hadi menjelaskan, di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia”.

sumber: http://unik2x.blogspot.com/2010/04/bahasa-indonesia-tersulit-ke-3-asia-ke.html

————————————————————————————————-
Sekarang apalagi yang kurang dari bahasa ini kalau bukan nasionalisme kita dalam menggunakannya dalam keseharian. Jadi klo ketemu orang asing kita ga perlu malu klo ga bisa balas menjawab. Huft, ini juga mungkin salah satu budaya bangsa kali ya-orang Indonesia baik dan ramah jadi klo orang lain yang ga bisa bahasa kita, kita yang mau susah-susah belajar bahasa mereka.

Cheers,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s