Ibu

Yang pelukannya dalam legenda
Dan senyumannya adalah mimpi

Ibu, yang meninggalkanku tanpa pilihan. Selain menerima dan berjuang. Menerima saat aku tidur beralas kardus tanpa pelukanmu. Menerima aku menangis dalam gelap tanpa usapan tanganmu. Menerima aku lapar tanpa masakan cintamu.

Ibu, yang memberikanku kehidupan nyata.
Untuk berjuang. Berjuang menjadi dewasa lebih awal dari waktunya. Berjuang untuk tidak mengeluh saat aku kesepian. Berjuang mengatasi masalah dengan senyuman.

Yang pelukannya aku puja
Dan senyumannya aku damba

Leave a Reply

