Takdir

Senin yang dingin. Kereta gerbong 7.

Kebahagiaan lahir dari bagaimana kita membawa diri terhadap apa yang terjadi di hidup kita.

Saya sangat menyukai refleksi diri melalui cerita-cerita orang sekitar. Mengandalkan hidup saya saja belum tentu cukup untuk membuat saya lebih baik. Permasalahan hidup orang-orang sekitar menjadi bahan saya untuk refleksi diri menjadi pribadi yang lebih baik. Termasuk berbagai macam reaksi bagaimana mereka menghadapi permasalahan mereka. Buat saya cerita mereka adalah contoh supaya saya tidak seperti itu.

Saya seringkali risih dengan pernyataan-pernyataan galau dari orang-orang yang tergambar jelas dari status facebook, twitter atau ввм mereka. Tapi saya tau mungkin itulah salah satu cara mereka menghadapi masalah mereka dengan membiarkan orang sadar mereka butuh perhatian. Setiap orang berbeda dan tidak ada yang salah dengan perbedaan.

Tapi dari sanalah saya mendapat banyak cerita tentang sekitar. Seperti pagi ini seorang ibu yang sepanjang perjalanan kereta disibukkan dengan menceritakan bagaimana dia dan suaminya bertengkar hebat. Mengadu ke a, b, c dengan cerita yang sama. Mencari pertolongan, seperti itu tampaknya. Bukan sengaja mendengar tapi cukup terdengar oleh saya yang sedang mendengarkan musik dengan headset. Terdengar bahwa suami ibu itu melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Saya belajar permasalahan dalam hubungan adalah kesalahan 2 individu yang terdapat di dalam hubungan tersebut. Kekerasan bentuknya apapun menurut saya tidak benar, tapi setiap permasalahan yang ada timbul dari kedua belah pihak yang tidak berhasil memuaskan kebutuhan pasangan masing-masing sesuai dengan apa yang diinginkannya. Komunikasi dan pengertian sangat penting dalam hubungan. Tidak semua individu terlahir menjadi cenayang atau pembaca pikiran.

Ketidakpuasan terhadap masing-masing pasangan akan menuntun individu kepada mencari apa yang ingin ia rasakan kepuasan. Kesempatan terbuka lebar sekali kita merasa pasangan tidak dapat memenuhi kebutuhan. Saya sering mendengar cerita tentang perselingkuhan dan saya sangat tertarik mendengarnya. Dari cerita-cerita inilah saya sadar bahwa apa yang dipikirkan wanita dan pria berbeda. Tidak pernah ada yang salah dari jatuh cinta terhadap orang lain yang bukan pasangan kita, tapi saya paham hanya diri kita sendirilah yang tau kapan harus melanjutkan kapan harus berhenti.

Buat saya, permasalahan hidup harus dihadapi karena saya percaya semua terjadi bukan tanpa alasan. If there’s saying, what doesn’t kill you makes u stronger. (Me) Everything that’s happen will only make you worse or better lays in your hand.

Saya bahagia saya tidak menyesali yang baik maupun yang buruk yang pernah terjadi di hidup saya. Karena itu takdir yang membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik dari pribadi saya sebelumnya.

Jangan berhenti berubah apalagi itu adalah perubahan yang lebih baik.

.Cheers.

Leave a Reply

