How Well Do You Know Me?

I was going to write in English, but I am in love with my mother tongue recently.

Saya cukup sensitif dan tertarik melihat reaksi sekitar tentang seberapa dalam mengenal dan memahami pribadi saya. Sensitif, karena saya tidak suka ada orang yang seolah-olah sangat mengenal dan memahami saya padahal tidak. Tertarik, karena mendengar seberapa dalam orang benar-benar mengenal dan memahami saya sangat berharga buat saya.

Saya seperti bawang. Seperti itu pula saya membangun sosial saya. Hanya sedikit dan tidak lebih dari banyaknya jari tangan yang saya punya yang benar-benar berada di dalam lapisan terdalam saya. Dan sedikit lebih banyak pada lapisan berikutnya. Dan sangat banyak pada lapisan terluar.

Waktu bersama-sama seseorang yang banyak dihabiskan bareng-bareng bukan jaminan orang tersebut akan menjadi orang yang paling mengenal dan memahami kita. Pribadi kita. Begitu juga sebaliknya.

Bukan jumlah orang yang mengenal dan memahami pribadi kita yang perlu diperbanyak tapi kualitas bagaimana seseorang sangat mengenal dan memahami pribadi kita.

Komunikasi yang baik, kenyamanan bercerita, pengertian yang luar biasa akan membuat proses mengenal dan memahami pribadi seseorang menjadi lebih mudah dan lebih dalam. Keegoisan, emosi, pemikiran yang pendek seperti halnya membangun tembok tinggi yang kokoh yang menghalangi seseorang untuk dapat mengenal dan memahami orang lebih dalam.

Manusia berubah setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik. Pribadi yang baik akan selalu meng-update sistem nya tentang seseorang.

Banyak diluar yang merasa orang lain tidak mengenal dan memahami diri kita dan lebih banyak lagi yang tidak sadar bahwa kita tidak mengenal diri kita sendiri. Sebelum berusaha mengenal dan memahami orang lain ada baiknya mengenal dan memahami diri sendiri terlebih dahulu.

Berusaha mengenal dan memahami diri sendiri dan orang-orang terdekat banyak memakan perjuangan jadi tidak terlalu perlu memikirkan orang lain. Ketika kita berharap orang lain mengenal dan memahami pribadi kita sudahkah kita mengenal dan memahami pribadi orang lain?

.Cheers.

Leave a Reply

