What Goes Around Comes Around

Pernah merasa apapun yang kita lakukan di dunia akan terasa efeknya bagi kita?

Karma

Apa yang kau sebar maka itulah yang kau tuai

What goes around comes around

Dan kata-kata indah lainnya yang mempunyai arti serupa.

Orang boleh tidak percaya hukum karma. Orang boleh tidak mengerti. Orang boleh tidak mau mengakui. Orang boleh tidak sadar.

Coba lihat sekitar bagaimana hidup seseorang bisa jungkir balik. Ada pepatah hidup itu seperti roda kadang diatas kadang bisa dibawah. Ada sebagian orang yang melakukan refleksi diri tapi ada juga sebagian orang yang tebal muka dan justru mengkambinghitamkan orang lain.

Dalam pekerjaan, ada yang namanya promosi ada juga demosi. Semua bisa terjadi. Pernah lihat orang yang dulunya seorang pemimpin yang banyak dihormati orang, yang kata-kata perintahnya bagaikan fatwa, yang bisa merendahkan orang selain dirinya, yang bangga karena pangkat dan hartanya lalu jatuh menjadi seorang yang kehilangan respect bawahannya, yang perintahnya dianggap angin lalu, yang direndahkan bawahannya, yang diinjak-injak sejawatnya, yang berlaku seolah-olah dia punya dunia, yang tidak sadar betapa menyebalkannya dia sebagai pribadi.

Atau yang tadinya kepala cabang dengan gaji double-digitnya yang senang menghambur-hamburkan uang dengan ingat memberi orang lain yang berhak seadanya lalu turun pangkat menjadi pegawai biasa dengan gaji single-digit dan kekhawatiran tidak dapat membiayai keluarganya dengan layak dan harus mengatur keuangan sedemikian rupa.

Atau yang tadinya keluarga bahagia. Kepala keluarga yang baik, ibu rumah tangga yang bertanggung jawab, anak-anak yang baik dan penurut tiba-tiba berubah jadi keluarga yang diambang perceraian. Kepala keluarga yang hanya tau mencari uang, ibu rumah tangga yang hanya tau menghabiskan uang dan anak-anak yang sering kabur sekolah.

Atau sepasang kekasih yang salah satu suka bermain cinta dengan yang lain lagi dan lagi dan lagi tanpa tau betapa sakit hati pasangannya dengan ketidakmampuannya menjaga komitmen. Kemudian tidak terima saat pasangannya ikut bermain cinta.

Coba lihat sekitar… Mereka yang seperti itu ada dimana-mana. Sebelum mengeluh “Saya salah apa”, “Saya kurang apa”, atau “Kenapa saya?”

Ga ada manusia yang ga punya salah, ga ada manusia yang ga kurang, tanya hatimu dan pikir dengan otakmu apa salahmu, apa yang kurang darimu.

“Kenapa saya?” << Kira-kira kenapa?

Remember people fall because what s/he did not what other people did

Have a nice day.

.Cheers.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s