Ketenangan Berkendara

Kalau dalam film Eat Pray Love, Bali digambarkan sebagai tempat pencarian cinta mungkin benar adanya. Perjalanan saya ke Bali yang singkat tapi cukup efektif untuk memberikan saya ketenangan dari hiruk pikuk dan bisingnya kota Jakarta membawa satu pelajaran yang saya amini. Cinta akan ketenangan. Cinta terhadap sesama.

Kendati menjadi kota yang dikunjungi banyak turis internasional dan lokal membuat Bali tidak kehilangan jati dirinya. Satu hal yang sangat saya sadari, para pengendara baik motor/mobil sangat tenang dalam mengendarai kendaraan. Mereka berhenti sebelum garis putih yang terdapat lampu lalu lintas, mengendarai motor/mobil dengan kecepatan yang wajar dan tidak kesusu atau tidak seperti sedang dikejar-kejar waktu, bahkan saat bubar masjid shalat Jum’at bagi kaum muslim keadaan jalan macet namun sedikit sekali terdengar suara klakson yang menginginkan seorang pengendara segera bebas dari macet. Semua serba tenang. Ketika dihadapkan dengan kemacetan sekalipun manusianya masih bisa berakal jernih.

Sebaliknya justru terjadi di Jakarta dan Bogor juga kalau kota lain saya kurang tahu, 2 kota yang saling berdekatan cara pengendara motor/mobilnya pun serupa, banyak yang hidup dikejar-kejar yang tidak mengejar, banyak yang buta warna karena tidak bisa membedakan lampu hijau-kuning-merah, atau tidak tahu harus berhenti dimana saat lampu merah atau justru tidak berhenti, atau jalanannya pindah ke trotoar belum lagi suara bising klakson yang memekakkan telinga saat macet atau saat kendaraan mereka tidak bisa jalan.

Saya shock melihat ketenangan Bali. Banyak pertanyaan banyak jawaban yang justru saya dapat sendiri. Dari sana banyak pelajaran untuk diri saya sendiri. Saya tidak mungkin bisa mengubah Jakarta. Tapi saya bisa mengubah diri saya.

Kalau setiap pengendara mau lebih bersabar setiap hari bukan kah itu akan memberikan lebih ketenangan? Atau memang sudah tidak ada cinta untuk sesama.

Semoga kita selalu menjadi pribadi yang lebih baik.

.Cheers.

Leave a Reply

